A Free Template From FTI

DATE_FORMAT_LC2

A. SEJARAH, PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Fakultas Teknologi Industri merupakan salah satu Fakultas Teknik di lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur. Fakultas Teknologi Industri pada awalnya bernama Fakultas Teknik Kimia, didirikan pada tanggal 17 Mei 1968, berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Transmigrasi, Urusan Veteran dan Demobilisasi Nomor 062/Kpts/MENTRANVED/68. Pada tahun 1989, Fakultas Teknik Kimia berubah menjadi Fakultas Teknologi Industri dengan dua Program Studi, yaitu Program Studi Teknik Kimia dan Program Studi Teknik Manajemen Industri.

Seiring dengan kebutuhan tenaga ahli di bidang industri pangan dan teknologi informatika, maka pada tahun 1993 Fakultas Teknologi Industri membuka Program Studi Teknologi Pangan dan tahun 2002 membuka Program Studi Teknik Informatika.

Sejak berdiri tahun 1968 sampai T.A. 1994/1995, Fakultas Teknologi Industri berstatus Negeri Kedinasan dibawah Departemen Pertahanan dan Keamanan. Berdasarkan Keputusan Bersama antara Mendikbud dan Menhankam Nomor : Kep/0307/U/1994 – 10/XI/1994 tanggal 29 Nopember 1994 mengubah status UPN “Veteran” Jawa Timur dari perguruan tinggi kedinasan menjadi perguruan tinggi swasta.

Fakultas Teknologi Industri sampai saat ini menyelenggarakan program pendidikan strata-1 (S-1) yang terdiri dari 6 (enam) Program Studi, yaitu:

1. Program Studi Teknik Kimia

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan perkuliahan sejak tahun 1968, dan pada tahun 2004 telah terakreditasi dengan peringkat A. Sampai saat ini sudah meluluskan ribuan sarjana Teknik Kimia yang bekerja di berbagai instansi baik di instansi pemerintah maupun swasta.

2. Program Studi Teknik Industri

Program Studi Teknik Indusri Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur juga telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan nilai B. Sampai saat ini Program Studi TI telah meluluskan ribuan sarjana Teknik Industri yang terserap di berbagai bidang, di instansi pemerintah maupun swasta.

3. Program Studi Teknologi Pangan

Program Studi Teknnologi Pangan Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur sejak tahun 2005 juga telah terakreditasi dengan peringkat A dan sampai saat ini telah meluluskan sarjana Teknologi Pangan. Lulusannya sangat dibutuhkan baik di masa kini maupun masa mendatang, khususnya dalam menunjang perkembangan di bidang industri pangan.

4. Program Studi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur didirikan pada tahun akademik 2002/2003. Tujuan pendidikan Teknik Informatika adalah untuk menghasilkan Sarjana yang unggul dan mempunyai pengetahuan dasar dan keahlian yang luas dalam bidang Teknologi Informatika.

5. Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Sistem Informasi yang mampu menerapkan sebuah solusi system informasi untuk memecahkan masalah administrasi informasi serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses bisnis dalam rangka meningkatkan competitiveness, baik di lingkungan industry maupun di lingkungan administrasi.

6. Program Studi Ilmu Komputer

Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Ilmu Komputer yang memiliki kemampuan untuk mengkaji, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa system computer. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa system computer yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

B. VISI, MISI DAN TUJUAN

B.1. Visi

Visi Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jawa Timur, yaitu Fakultas Teknologi Industri unggul di bidang perencanaan, pengolahan/proses dan informasi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang terdepan, modern dan mandiri tahun 2015.

B.2. Misi

Misi Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Jatim, yaitu :

1. Menyelenggarakan program pendidikan bersifat akademik dengan kurikulum berbasis kompetensi di bidang perencanaan, pengolahan/proses, informasi dan diterapkan secara profesional yang sesuai dengan kebutuhan di era globalisasi.

2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan guna menunjang pembangunan Teknologi Industri yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

3. Melaksanakan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penyuluhan, pelatihan dan konsultasi bidang perencanaan industri, proses pengolahan dan sistem informasi serta bhakti sosial.

B.3. Tujuan

Tujuan program pendidikan Sarjana Strata 1 (S-1) Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, adalah sebagai berikut :

1. Menghasilkan lulusan sebagai pionir pembangunan yang bermoral Pancasila, memiliki kemampuan akademik yang handal, mampu mengembangkan kompetensi dirinya menjadi profesional yang lebih proaktif dan produktif.

2. Menggali dan mengembangkan IPTEK di bidang Teknologi Industri/Informasi, baik dasar maupun terapan.

3. Menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bidang Teknologi Industri dan Informasi guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

 
 
Joomla 1.5 Templates by Joomlashack